Fitur Enggak Biasa Yangwang U8, Bisa Berputar 360 Derajat Seperti Tank


Jakarta, CNN Indonesia

Merek turunan BYD, Yangwang, hadir di Gaikindo Indonesia International Kendaraan Bermotor Roda Dua Show (GIIAS) 2024 dalam rupa Kendaraan Pribadi hybrid U8. SUV listrik ini didesain Unggul, salah satu kemampuannya yang tak biasa Disebut juga bisa berputar hampir 360 derajat di tempat tanpa Sangat dianjurkan membelokkan stir.

Teknologi yang dimiliki Yangwang U8 itu dinamai tank turn atau berputar arah dengan Trik kerja menyerupai tank saat berganti arah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Muhammad Sutan Sholahuddin Technical Support & Training BYD Kendaraan Bermotor Roda Dua Indonesia menjelaskan SUV ini dibekali teknologi e4 yang menempatkan empat Kendaraan Bermotor Roda Dua elektrik di masing-masing roda U8.

“Setiap roda memiliki empat Kendaraan Bermotor Roda Dua, dan e4 Bahkan punya satu control unit yang bisa mendistribusikan power,” kata Ia di ICE, BSD, Selasa (24/7).

Ia menjelaskan Trik kerja U8 bisa putar balik meniru gerakan roda pada tank. Dua roda di sisi kanan depan belakang dan kiri depan belakang, dipaksa berotasi dengan arah berbeda sehingga menyebabkan Kendaraan Pribadi bisa berputar hampir 360 derajat.

“Jadi untuk tank turn tadi memang betul ada perbedaan rotasi antara sisi kiri dan kanan yang menyebabkan kendaraan itu bisa berputar.

Meskipun demikian secara teknis U8 tak bisa berputar-putar sebanyak 360 derajat, melainkan hanya 359 derajat saja atau hampir satu lingkaran penuh dalam satu kali operasi.

Sedangkan arah berputarnya pun masih ke sisi kanan saja. Belum bisa berputar ke arah Berbeda dengan. Meskipun demikian fitur ini menunjang pengemudi pada kondisi parkir maupun Tempat yang tak bisa dijangkau dengan manuver menggunakan putaran stir depan.

“Karena memang secara fungsi kita tak bisa berputar ke 360 derjat. Jadi configure dari BYD sendiri Ia Nanti akan menentukan titiknya. Kalau 360 derajat itu Ia bisa muter-muter, sedangkan BYD hanya bisa satu kali (putaran) untuk satu kali setting,” kata Muhammad.

U8 dijejali sistem hibrida plus empat Kendaraan Bermotor Roda Dua yang menghasilkan 1.180 tenaga kuda. Bodinya bisa naik dan turun sesuai medan yang dihadapi.

Di China, SUV offroad premium ini dijual seharga Rp2,3 miliar. Sedangkan di Indonesia, pihak BYD masih Ingin mengenalkan kepada publik bahwa perusahaan punya teknologi canggih yang disematkan di mobilnya.

(can/fea)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA