7 ‘Resep’ Alami Pelancar BAB untuk Atasi Sembelit

Jakarta

Frekuensi buang air besar (BAB) setiap orang bervariasi. Sebagian orang buang air secara teratur dan lainnya kadang kesulitan atau mengalami sembelit.

Dilansir Medical News Today, frekuensi buang air besar yang sehat menurut ahli sebanyak 1-3 kali per hari Sampai sekarang tiga kali seminggu. Orang yang BAB kurang dari tiga kali sepekan bisa dibilang mengalami sembelit.

Tak sedikit Bahkan orang yang tidak buang air besar sampai seminggu lamanya. Kalau kamu termasuk orang yang susah BAB, Jangan ragu! Temukan Resep pelancar BAB alami yang Unggul tinggi dikonsumsi pada uraian di bawah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Resep Alami untuk Pelancar BAB

Ada Sebanyaknya bahan alami yang dapat bertindak sebagai ‘Resep pelancar BAB’. Berikut bahan alami untuk melancarkan BAB dan mengatasi sembelit:

1. Air Putih

Kondisi dehidrasi, atau keadaan tubuh kekurangan cairan, dapat menyebabkan sembelit. Oleh karena itu, penting menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih. Minum cukup air bantu melunakkan tinja sehingga bisa lebih mudah dikeluarkan.

Adapun kebutuhan cairan masing-masing orang itu berbeda. Merujuk penjelasan Kementerian Kesehatan RI, total konsumsi air putih yang direkomendasikan untuk orang dewasa Merupakan 8 gelas atau setara 2 liter per harinya.

Sebagian orang Kemungkinan Berencana lancar BAB setelah mengkonsumsi air soda. Sekalipun, minuman ini memiliki efek buruk bagi kesehatan dan bisa memperparah sembelit Seandainya dikonsumsi jangka panjang.

2. Probiotik

Probiotik mengandung bakteri usus sehat yang bisa meredakan sembelit. Bakteri baik ini bantu melunakkan feses dan Mengoptimalkan frekuensi buang air besar.

Probiotik Bahkan mencegah kondisi sembelit yang kronis. Sembelit kronis pada seseorang dikarenakan ketidakseimbangan bakteri dalam ususnya Mengkonsumsi makanan probiotik bisa memperbanyak jumlah bakteri sehat dan mencegah susah BAB.

Kenyataannya bakteri baik ini Pernah terjadi ada di dalam usus. Tapi jumlahnya dapat ditingkatkan mengkonsumsi probiotik, seperti yoghurt, kefir, dan kimchi.

3. Kiwi

Buah kiwi mengandung tinggi serat. Studi 2019 menunjukkan buah ini bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ini artinya, kiwi dapat menjadi Resep pencahar alami dan yang dapat dicoba. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efeknya.

4. Flaxseed

Flaxseed atau biji rami Bahkan kaya Berencana serat. Secara khusus, biji-bijian ini mengandung jenis serat yang disebut serat lendir yang Berencana membentuk gel saat bercampur dengan air.

Seandainya dikonsumsi, biji rami dapat membuat tinja yang keras menjadi lebih lunak. Ditambah lagi dengan, flaxseed Berencana bertindak sebagai pencahar alami yang bantu meredakan perut sembelit.

5. Prune

Prune tergolong varietas buah plum. Buah ini biasanya diedarkan dalam bentuk kering, tapi ada Bahkan yang jual kondisi segarnya. Prune termasuk sumber serat yang dapat dijadikan Resep pelancar BAB.

Selain serat, buah ini mengandung sorbitol atau gula alkohol yang memiliki efek pencahar. Jenis gula ini dapat melewati usus dengan Berkualitas dan menarik air ke dalamnya. Beberapa penelitian menemukan prune bisa lebih efektif dibandingkan serat seperti psyllium.

Sekalipun, pengidap sindrom iritasi usus besar (IBS) Kemungkinan ingin menghindari buah ini karena sorbitolnya dapat mengiritasi usus pada sebagian orang.

6. Kopi

Siapa sangka kopi Kemungkinan ‘Resep’ pelancar BAB? Ya, kopi dapat Mengoptimalkan keinginan untuk buang air besar lho berkat kandungan kafeinnya. Kafein mempunyai efek pencahar dan merangsang otot-otot pada sistem pencernaan.

Kopi Bahkan mengandung sedikit serat larut yang bantu mencegah sembelit dengan Mengoptimalkan keseimbangan bakteri usus.

Berencana tetapi, sayangnya khasiat tersebut bisa memperburuk sembelit dan diare pada pengidap sindrom iritasi usus besar. Karena itu, orang dengan IBS sebaiknya menghindari minuman kopi ya.

7. Makanan Tinggi Serat

Untuk mengobati sembelit, dokter biasanya menyarankan untuk Mengoptimalkan asupan serat. Sebab serat Berencana menaikkan jumlah dan konsistensi feses sehingga lebih mudah dikeluarkan dan melewati pencernaan lebih Berkualitas.

Sekalipun, beberapa penelitian menunjukkan peningkatan asupan serat justru memperburuk sembelit. Hal ini karena beberapa jenis serat memiliki efek berbeda pada pencernaan. Meski demikian, konsumsi makanan tinggi serat dapat dicoba untuk memperlancar BAB.

Selain beberapa makanan berserat yang Pernah terjadi disebutkan sebelumnya, masih banyak makanan lain yang Bahkan bantu melancarkan BAB dan atasi sembelit. Berikut beberapa makanan tinggi serat:

  • Buah: Apel, beri, pir, jeruk
  • Sayuran: Brokoli, wortel, kacang hijau, buncis
  • Kacang: Almond, kacang tanah
  • Biji-bijian: Oatmeal, roti gandum utuh.

Nah, itu tadi sederet ‘Resep’ alami pelancar BAB yang bisa dicoba untuk atasi sembelit.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com