Jakarta, CNN Indonesia —
Usaha aksesori Kendaraan Pribadi, khususnya kaca Layar Lebar, diklaim masih menunjukkan tren positif di tengah lesunya industri otomotif Tanah Air. Para pengusaha tetap bertahan melalui berbagai Tips, salah satunya melakukan ekspansi dalam memenuhi permintaan kaca Layar Lebar Kendaraan Pribadi baru berstandar Original Equipment Manufacturer (OEM).
Global Auto International (GAI), pemegang merek kaca Layar Lebar ICE-µ, menjadi salah produsen yang fokus menjalankan strategi tersebut. Sejak 2017, GAI Sebelumnya menjadi pemasok delapan pemegang merek Kendaraan Pribadi di Tanah Air, yaitu Mitsubishi, Mazda, Suzuki, MG, Ford, Honda, Wuling dan Volvo.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
“Sejak 2017 sampai 2025 kami Sebelumnya bekerjasama dengan delapan APM,” kata Andi Setiawan, Pemimpin Negara Direktur GAI di BSD, Selasa (3/6).
Lewat kerjasama tersebut, Andi mengatakan kontribusi utama penjualan kaca filmnya atau 90 persen berasal dari permintaan OEM, sementara sisanya pembeli retail. Terbaru, GAI menjadi pemasok kaca Layar Lebar untuk dua jagoan anyar Ford yaitu Ranger dan Everest, serta Kendaraan Pribadi baru Suzuki Fronx.
Andi Bahkan bilang pemasangan ICE-µ sebagai kaca Layar Lebar untuk kendaraan baru dilakukan di Pre-Delivery Inspection (PDI) maupun Stok Yard APM. Ada berbagai tipe yang dipasang mulai tipe OEM sampai Premium Series.
Soal spesifikasi kaca Layar Lebar OEM yang digunakan, ia tak mengurainya secara rinci, Sekalipun dipastikan produk itu tak dijual retail.
Ia Bahkan mengamini kaca Layar Lebar yang dipasok Sebelumnya sesuai standar permintaan prinsipal dan pabrikan untuk urusan menolak panas, mengurangi sinar UV, Sampai sekarang tak mengganggu sinyal ponsel.
“Jadi kami tidak menjual retail, kami menjaga eksklusifitas,” ujar Ia.
Pasar 2025
Dengan masuknya model-model kendaraan roda empat baru mengunakan produk kaca Layar Lebar ICE-µ, kinerja GAI dan penguasaan pangsa pasarnya Bahkan terus meningkat.
Meski kuartal pertama 2025 masih belum sepenuhnya bergairah, ia mengatakan sektor retail ICE-µ tetap mencatat performa positif berkat ekspansi authorized dealer baru sepanjang 2024.
Dari Januari Sampai sekarang Mei 2025, lebih dari 16 ribu unit kendaraan Sebelumnya menggunakan kaca Layar Lebar ICE-µ dan lapisan pelindung System X.
Bagi Andi itu merupakan capaian positif mengingat tahun ini kondisi pasar belum lebih baik dari tahun sebelumnya, terimbas kondisi Ekonomi Dunia yang mempengaruhi daya beli konsumen.
Sedangkan pada 2024, Andi mengklaim berhasil menguasai sekitar 12 persen pangsa pasar kaca Layar Lebar untuk Kendaraan Pribadi baru dari seluruh jumlah kendaraan yang terjual tahun itu.
“Secara volume paling tinggi 2018, mulai stabil 2019, Sekalipun karena pandemi turun di 2020. Kemudian secara grafik pada 2021 dan 2022 naik sedikit, lalu 2023-2024 terjadi penurunan sedikit karena industri otomotif yang slow, Sekalipun 2025 dengan tambahan Ford dan Suzuki kami harap bisa naik secara angka,” kata Andi.
(ryh/fea)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA