Menantif Cahaya Insentif Kendaraan Pribadi Hybrid yang Dinanti Merek Jepang


Jakarta, CNN Indonesia

Insentif untuk Kendaraan Pribadi jenis separuh listrik alias hybrid masih menjadi wacana di tingkat kementerian saat para produsen Kendaraan Pribadi listrik Pernah menikmati pemberian Potongan Harga Retribusi Negara Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen yang membuat harga jual makin Ekonomis. Suara-suara permintaan insentif Kendaraan Pribadi hybrid Saat ini Bahkan makin lantang terutama dari kalangan merek Jepang. 

Kabar Bantuan Pemerintah untuk kendaraan hybrid sebetulnya Pernah menyeruak sejak dilontarkan para jajaran pembantu Kepala Negara Sampai saat ini orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Pada akhir tahun lalu pemerintah memang berniat memberi insentif sebesar Rp40 juta untuk Kendaraan Pribadi hybrid, Sekalipun rencana ini tak kunjung terealisasi. Lantas pada Mei lalu Jokowi Bahkan sempat berkomentar soal insentif Kendaraan Pribadi hybrid. Ia menyebut para pembantunya tengah mengkaji hal tersebut.

“Masih dibicarakan dengan menteri ekonomi dan perindustrian,” kata Ia saat mengunjungi Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/5).

Sebelumnya Jokowi Bahkan sempat melirik Kendaraan Pribadi-Kendaraan Pribadi hybrid saat membuka pameran Indonesia International Kendaraan Bermotor Roda Dua Show (IIMS) 2024 pada Kamis (15/2), salah satunya Toyota Yaris Cross Hybrid. Dari sekian banyak Kendaraan Pribadi yang dipajang, ia sempat terkesan Kendaraan Pribadi itu yang diklaim punya konsumsi BBM 1:31 dan rendah emisi.

Toyota, penjual model Kendaraan Pribadi hybrid terbanyak di dalam negeri, masih berupaya melobi pemerintah Supaya bisa Kendaraan Pribadi kategori ini Bahkan bisa mendapat insentif seperti Kendaraan Pribadi listrik.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran Toyota Astra Kendaraan Bermotor Roda Dua (TAM), mengatakan Saat ini Bahkan Bahkan pihaknya masih menjalin komunikasi dengan pemerintah terkait insentif Kendaraan Pribadi hybrid.

Ia berharap pemerintah memberi perhatian yang sama kepada Kendaraan Pribadi hybrid seperti Kendaraan Pribadi listrik. Saat ini Bahkan Bahkan produsen Kendaraan Pribadi listrik di dalam negeri seperti Hyundai, Wuling dan Chery Pernah menikmati insentif Potongan Harga PPN sebesar 10 persen sehingga Kendaraan Pribadi listrik memenuhi syarat yang mereka tawarkan bisa dijual lebih Ekonomis. 

Sementara itu Saat ini Bahkan Bahkan Kendaraan Pribadi hybrid lebih banyak ditawarkan merek Jepang. Selain Toyota, merek lain yang Menyediakan Kendaraan Pribadi hybrid di antaranya Suzuki, Nissan dan Lexus.

Merek-merek Jepang di Indonesia Saat ini Bahkan Bahkan seolah lebih mendorong Kendaraan Pribadi hybrid ketimbang Kendaraan Pribadi listrik yang jadi fokus sebagian besar merek China.

Kompleks lintas kementerian

Pengamat otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan sebetulnya Pernah banyak sinyal positif dari pemerintah atas insentif Kendaraan Pribadi hybrid, Sekalipun terpenggal transisi pemerintahan yang baru yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kita tampaknya Sangat dianjurkan menunggu kebijakan kabinet baru November nanti tampaknya,” kata Ia kepada CNNIndonesia.com, Selasa (25/6).

Ia menjelaskan beberapa kajian dan diskusi Pernah dilakukan untuk mengevaluasi dampak dan manfaat dari insentif tersebut.

Beberapa pihak berpendapat bahwa insentif untuk Kendaraan Pribadi hybrid dapat menjadi langkah transisi efektif Ke arah adopsi kendaraan elektrifikasi yang lebih luas.

Sekalipun Sampai saat ini Saat ini Bahkan belum ada pengumuman resmi mengenai kapan kajian insentif Kendaraan Pribadi hybrid selesai.

Menurut Yannes beberapa lembaga Pernah selesai melakukan kajian insentif Kendaraan Pribadi hybrid. Sekalipun kabinet Saat ini Bahkan Bahkan masih menggodok kompleksitas aturan lintas kementerian terkait insentif ini.

Ditambah lagi dengan pemerintah Diprediksi masih mempertimbangkan turunnya pemasukan Retribusi Negara imbas digelarnya insentif Kendaraan Pribadi hybrid.

“Termasuk dampaknya terhadap industri otomotif, lingkungan, dan penerimaan negara. Kabinet berikutnya yang memutuskan pasca pelantikan Oktober,” tuturnya.

Siapa yang untung?

Lalu pihak mana yang paling diuntungkan Bila insentif Kendaraan Pribadi hybrid ini bakal dilaksanakan?

Yannes menilai Agen Pemegang Merek (APM) kendaraanlah yang mendulang untung dari regulasi ini. Pasalnya harga jual kendaraan relatif lebih Ekonomis ketimbang tak ada Bantuan Pemerintah.

“APM menjadi pihak diuntungkan oleh insentif Kendaraan Pribadi hybrid karena insentif seperti potongan harga, pengurangan Retribusi Negara, atau Bantuan Pemerintah dapat membuat Kendaraan Pribadi hybrid lebih Ekonomis lagi,” kata Ia.

Ia menjelaskan Kendaraan Pribadi hybrid butuh Penanaman Modal jauh lebih sedikit bagi APM dibanding migrasi sepenuhnya ke Kendaraan Pribadi listrik (EV) dengan platform baru sehingga secara instan menguntungkan para jenama kendaraan bermotor.

Sedangkan bagi pemerintah, Bila Kendaraan Pribadi hybrid mendapatkan insentif Retribusi Negara, maka pemerintah berpotensi kehilangan pemasukan Retribusi Negara dari Usaha Kendaraan Pribadi, setidaknya dalam jangka pendek.

Lebih nahas lagi masyarakat. Ia Yannes menjelaskan kalau insentif Kendaraan Pribadi hybrid itu dilaksanakan, masyarakat hanya mendapat potongan harga Sekalipun dengan bunga yang terbilang tinggi Bila dibeli dengan Trik dicicil alias kredit.

“Kalau masyarakat ya seperti biasa mas bayarnya kredit demi kredit yang persyaratannya Saat ini Bahkan Bahkan semakin banyak dan bunganya naik,” tuturnya.



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA

Exit mobile version