Jakarta, CNN Indonesia —
Indonesia mengalami kenaikan angka penjualan ponsel sebesar 4 persen Year on Year (YoY) pada kuartal ketiga 2024, dengan merek China seperti Xiaomi, Oppo dan Vivo menjadi yang teratas.
Senior Analyst Counterpoint Febriman Abdillah menyebut kenaikan angka pengapalan ini didorong Sebanyaknya faktor, salah satunya Peningkatan Ekonomi makro yang stabil. Hal ini disebut mendorong konsumsi, tetapi untuk kalangan menengah ke atas.
Kemudian, pada kuartal tersebut lebih banyak ponsel baru diluncurkan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya atau periode yang sama tahun lalu.
Hp yang dirilis pada periode tersebut Merupakan Hp di segmen entry level, dengan harga berada di bawah US$200 atau Rp3 juta, dengan membawa peningkatan spesifikasi dari generasi sebelumnya.
“Cukup banyak yang upgrade, banyak spesifikasi yang di-improve. Kamera lebih baik megapixel, RAM dan memori lebih gede. Peluncuran model baru mengakomodasi hal itu. Jadi Ingin enggak Ingin Di waktu ini Bahkan kosumen itu Akan segera mengupgrade. Yang awalnya Mungkin sekali 64GB Di waktu ini Bahkan menjadi 128 GB minimal,” ujar Febri dalam acara Indonesia Gadget Award 2024, Jakarta, Kamis (14/11).
Terlebih lagi, promosi selama HUT RI ke-79 dan liburan sekolah Bahkan dinilai mendorong peningkatan angka pengapalan pada Q3 2024. Kemudian, pabrikan ponsel dan pengecer Bahkan Memperjelas cakupan toko offline yang Menyajikan pengalaman berbelanja yang lebih baik untuk konsumen.
Dalam periode ini, Xiaomi berada di pucuk dengan shipment share sebesar 19 persen.
Xiaomi memimpin segmen entry level (
Kemudian, model semi flagship Xiaomi 14T disebut menjadi kontributor terbesar di segmen kelas atas (Rp6-10 juta) dengan kontribusi sebesar 51 persen.
Oppo berada pada posisi kedua dengan shipment share 18 persen, meningkat 2 persen YoY. Jenama ini disebut memimpin di segmen Rp3-6 juta dan Rp6-10 juta, menunjukkan strateginya untuk fokus pada segmen harga menengah dan kelas atas.
Pertumbuhan kuat Oppo di segmen harga Rp 3-6 juta didorong model A60, seri A3 Pro dan Reno12 F yang baru diluncurkan.
Segmen premium atau dengan harga di atas Rp 10 juta tumbuh 17 persen YoY didorong oleh pabrikan asal Korea Selatan, Samsung.
Samsung memimpin segmen dengan pangsa 42 persen dan pertumbuhan 87 persen YoY. Peluncuran Galaxy Z Fold 6, Z Flip 6 dan S24 FE jadi mendorong utama peningkatan tersebut.
Berikut daftar teratas pasar ponsel di Indonesia Q3 2024 versi Counterpoint:
1. Xiaomi: pangsa pengiriman 19 persen dan pertumbuhan 5 persen YoY
2. Oppo: pangsa pengiriman 18 persen dan pertumbuhan 2 persen YoY
3. Vivo: pangsa pengiriman 17 persen dan pertumbuhan 6 persen YoY
4. Samsung: pangsa pengiriman 17 persen dan pertumbuhan -5 persen YoY
5. Realme: pangsa pengiriman 119 persen dan pertumbuhan 6 persen YoY
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA