Jakarta, CNN Indonesia —
GWM Indonesia baru saja meluncurkan varian baru Tank 300 yang berbeda dari sebelumnya. Varian baru ini membawa mesin diesel 2.400 cc buatan GWM yang diklaim punya torsi badak 480 Nm.
Bagian impresifnya Merupakan torsi maksimal itu dikatakan bisa keluar pada putaran mesin rendah, Didefinisikan sebagai 1.500 rpm, dan bisa bertahan Sampai sekarang 2.500 rpm.
“Karakteristik yang ditonjolkan Kendaraan Pribadi ini, di 1.500 rpm langsung mendapatkan torsi tertinggi, bisa ditahan cukup lama Sampai sekarang rpm 2.500. Rentang rpm ini memang biasanya dipakai berkendara sehari-hari,” kata Angga S. Putra, Product Expert GWM Indonesia, di GIIAS 2025, Senin (28/7).
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Angga menjelaskan lebih detail lagi, pada 1.000 rpm torsi yang keluar disebut 260 Nm. Kata Ia tinggal digas sedikit maka torsinya bisa muncul maksimal.
Transmisi pada Tank 300 Diesel Merupakan otomatis 9-percepatan, sama dipakai Tank 300 Hybrid Sekaligus Tank 500. Tank 300 Diesel disebut Bahkan sebagai SUV diesel pertama yang menggunakan transmisi 9AT.
Lalu Angga Bahkan menuturkan teknologi unggulan lain pada mesin Tank 300 Diesel, yaitu memiliki sistem injeksi 2.000 bar high pressure common rail, electronically controlled system EGR, heater solenoid valve dan variable displacement oil pump.
Menurut Ia hasil pengujian emisi dan efisiensi bahan bakar Tank 300 Diesel masih dikerjakan di Indonesia. Sementara di Australia, salah satu negara dengan penjualan tinggi Tank 300 Diesel, disebut Angga bisa mencapai 12,8 kilometer per liter.
Tank 300 Diesel tersedia dua varian, 4×2 Rp598 juta dan 4×4 Rp658 juta. Khusus varian 4×4 bisa dibeli lebih Ekonomis Rp10 juta selama 11 hari pameran GIIAS 2025.
Pada varian 4×4, sistem geraknya part time. Perpindahan antara mode 2H, 4H, 4L dan Expert dilakukan menggunakan tombol putar dan tak Sangat dianjurkan berhenti kecuali untuk 4L.
Lalu SUV ini Bahkan dilengkapi dua differential lock yang fungsinya mengunci tenaga dan torsi keluar rata 50:50 untuk depan dan belakang.
Tank 300 Diesel dikatakan Bahkan punya kemampuan menderek barang Sampai sekarang 3 ton. Angga menyebut fitur seperti ini tak umum digunakan di Indonesia kecuali saat kondisi tertentu seperti menarik Kendaraan Pribadi lain yang terjebak di medan off road, tetapi di Australia disebut umum digunakan buat menarik beban seperti kapal pesiar atau motorhome.
Angga Bahkan menuturkan desain eksterior Tank 300 Diesel tak jauh berbeda ketimbang Tank 300 Hybrid. Salah satu pembeda yang Mudah dikenali Merupakan Tank 300 Diesel menggunakan ban HT sedangkan saudaranya AT.
(fea)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA











