Hacker Korea Utara Bobol Data Rahasia AS buat Program Nuklir


Jakarta, CNN Indonesia

Amerika Serikat menuding peretas tau hacker Korea Utara membobol data militer rahasia untuk Membantu program senjata nuklir Pyongyang.

Kementerian Kehakiman AS mendakwa seorang tersangka, Rim Jong Hyok, karena berkonspirasi mengakses komputer di Negeri Paman Sam dan melakukan pencucian uang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terkait peretasan itu, pejabat Biro Investigasi Federal (FBI) dan Kementerian Kehakiman menyatakan Sudah menyita beberapa akun daring milik para pembobol

Pihak berwenang AS Bahkan menyita $600.000 mata uang virtual yang Akan segera dikembalikan ke para korban serangan ransomware.

Pengungkapan hacker di AS bekerja sama dengan badan keamanan siber dari Inggris dan Korsel.

“Operasi spionase dunia maya global yang kami ungkap hari ini menunjukkan sejauh mana Aktor atau Aktris yang disponsori negara DPRK [Korea Utara] bersedia melakukan apa saja demi menjalankan program militer dan nuklir mereka,” kata anggota Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris, Paul Chichester, dikutip Reuters.

Badan keamanan ketiga negara itu menyebut para hacker berasal dari Korea Utara yang dijuluki Anadriel atau APT45.

Mereka diyakini bagian dari badan intelijen Korut yang tergabung dalam Biro Umum Pengintaian.

Dalam pernyataan bersama AS, Inggris, dan Korsel, menyebut unit siber ini menargetkan atau membobol sistem komputer di berbagai perusahaan Lini pertahanan atau teknik.

Mereka Bahkan menyebut hacker Korut membobol produsen tank, kapal selam, kapal angkatan laut, pesawat tempur, dan sistem rudal dan radar, kata pernyataan tersebut.

Korban di AS Bahkan termasuk Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA), Pangkalan Angkatan Udara Randolph di Texas, dan Pangkalan Angkatan Udara Robbins di Georgia.

Dalam penargetan NASA pada Februari 2022, para peretas menggunakan skrip malware untuk mendapat akses secara ilegal ke sistem komputer selama tiga bulan. Lebih dari 17 gigabyte data yang tidak diklasifikasikan berhasil diekstraksi.

Kelompok dan teknik pembobolan hacker Korut menjadi ancaman berkelanjutan bagi berbagai sektor industri di seluruh dunia.

Korea Utara punya sejarah panjang dalam menggunakan tim peretasan rahasia untuk mencuri informasi militer yang sensitif. Untuk mendanai operasi mereka, para peretas menggunakan ransomware menargetkan rumah sakit dan perusahaan perawatan kesehatan AS.

(isa/bac)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA