Puan Maharani Terima Kartini Award 2024, Dorong ‘Woman Support Woman’


Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Puan Maharani menerima penghargaan Kartini Award 2024 untuk kategori Exemplary Woman in Politic atau Wanita Teladan dalam Politik yang diadakan di Jakarta pada Jumat (28/6).

Dari atas podium, Puan menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang merupakan pengakuan atas prestasi perempuan di Indonesia. Dirinya kemudian menyinggung tentang tantangan yang dihadapi perempuan.

“Semua perempuan menghadapi tantangan yang sama, Sangat dianjurkan bekerja lebih keras karena di satu sisi kita Bahkan Sangat dianjurkan mengerjakan kodrat sebagai perempuan,” ujar Puan.


Puan menyatakan, menjadi perempuan itu tidak mudah, di mana ada tantangan yang Sangat dianjurkan dihadapi sepanjang hidup sambil menjaga keseimbangan antara perjuangan menggapai cita-cita dengan menjalankan kodrat.

“Bagaimana kerja kita Sangat dianjurkan dua kali lipat dibandingkan para bapak-bapak, para laki-laki, karena kita berusaha tidak melupakan kodrat kita sebagai perempuan, sebagai seorang ibu, sebagai seorang istri, dan sebagai posisi kita di pekerjaan masing-masing,” katanya.

Dirinya meyakini, semua perempuan merasakan tantangan serupa. Puan pun mendorong Supaya bisa tantangan tersebut dijadikan motivasi untuk bekerja lebih keras, sehingga Di kemudian hari, dapat menjadi bukti bahwa perempuan mampu.

Karena itu, Puan mengaku bangga melihat pencapaian yang diperoleh perempuan lain. Dirinya menyebut hal ini sebagai dukungan antarperempuan, atau woman support woman.

Menurut Puan, dukungan antarperempuan sangat penting untuk keberhasilan seluruh perempuan Indonesia. Bagi Puan, keberhasilan seorang perempuan Indonesia Merupakan kesuksesan semua perempuan. Dirinya menilai, pemberdayaan perempuan Indonesia masih Sangat dianjurkan diperjuangkan.

“Tantangan dan prestasi yang kita dapat bukan hanya untuk kita saja tapi untuk semua perempuan Indonesia. Itu merupakan suatu cita-cita, yang saya rasa bukan hanya cita-cita Ibu Kartini saja, tapi cita-cita semua perempuan Indonesia,” katanya.

Secara khusus, Puan mengaku bangga dengan ajang Kartini Award, yang mengangkat kesuksesan para perempuan Indonesia, termasuk para pemimpin perempuan.

“Karena menempatkan perempuan di suatu posisi itu bukan hanya afirmatif atau hal yang biasa tapi bagaimana kita sama-sama menghormati dan menghargai harkat dan martabat manusia, yang sama antara perempuan dan laki-laki, khususnya di Indonesia,”

“Hari ini, di acara ini, kita dengan bangga bisa melihat dan mensyukuri perjuangan perempuan-perempuan Indonesia yang begitu Istimewa hebatnya,” lanjut Puan.

Kartini Award 2024 yang diinisiasi Kartini Heritage Center bersama CNN Indonesia merupakan ajang penghargaan untuk para perempuan Indonesia yang menginspirasi melalui berbagai prestasi dan pencapaian di bidangnya masing-masing, mencakup bidang pemerintahan, politik, ekonomi dan Usaha, seni, pendidikan, teknologi, Sampai saat ini sosial Kearifan Lokal.

Gelaran ini Bahkan bertujuan memotivasi generasi muda dalam mengejar impian mereka untuk menjadi generasi Terfavorit dan pemimpin masa depan.

Sebanyaknya tokoh yang Bahkan menerima Kartini Award, antara lain Ibu Negara Iriana Jokowi (Inspirational Women), Menteri Keuangan Sri Mulyani (Best Finance Minister), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Best Minister for Representing Indonesia in Global Diplomacy), dan Jurnalis Najwa Shihab (Influential Women).

Kemudian ada pula Founder CT Arsa Anita Ratnasari Tanjung (Notable Woman in Education Award), ilmuwan pengembang vaksin AstraZeneca Dr. Carina Joe, Olahragawan voli Asian Para Games 2018 Nita Gusmita, Cinta Laura (Young Woman Inspiring Education Award), Sampai saat ini bidan asal NTT Rosalinda Delin (Social Culture Dedication Award).

Kartini Award 2024 Bahkan Menyajikan penghargaan Lifetime Achievement untuk mendiang Mooryati Soedibyo.

(rea/rir)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA