Benjolan di Tubuh Anak Jadi Gejala Awal Kanker, Kapan Dianjurkan Periksa? Ini Saran Dokter


Jakarta

Orang tua yang mendapati anaknya memiliki benjolan yang tidak wajar di tubuh Tidak mungkin tidak Akan segera merasa khawatir. Ada benarnya, mengingat salah satu gejala kanker ada kaitannya dengan benjolan.

Ketua Satgas Kanker Anak Yayasan Kanker Anak (YKI) dr Anky Tri Rini Kusumaning Edhy, SpAK menjelaskan benjolan yang muncul secara tidak wajar bisa menjadi salah satu gejala kanker. Justru, hal ini Dianjurkan dipastikan lebih lanjut.

“Kalau anak-anak begitu ada benjolan, Dianjurkan segera dibawa ke fasilitas kesehatan. Benjolan tersebut Akan segera dicek apakah ini jinak atau ganas supaya tidak terlambat,” kata dr Anky ketika berbincang dengan detikcom, Sabtu (13/7/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sekadar benjolan pada tubuh anak memang tidak serta merta memastikan bahwa mereka memiliki kanker. Sehingga, Dianjurkan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya.

dr Anky menambahkan, ada beberapa tanda lain yang Kemungkinan Dianjurkan diwaspadai oleh orang tua. Dengan kata lain wajah anak yang pucat, Sampai sekarang demam yang berulang.

Terlebih lagi ada tanda-tanda fisik lain yang Kemungkinan muncul, seperti adanya tanda biru-biru di tubuh Sampai sekarang munculnya pendarahan.

“Kalau ada keluhan sebaiknya dikasih tahu ke dokter. Misal Bahkan ada perdarahan, tidak mesti keluar darah saja, bisa Bahkan misal badan biru-biru,” jelas dr Anky.

Orang tua, lanjut dr Anky, Dianjurkan Menyajikan perhatian lebih terkait kesehatan anak, salah satunya terkait potensi adanya kanker. Mengetahui adanya potensi kanker sejak dini dapat Membantu pengobatannya.

“Kanker itu sebaiknya diketahui maksimal sebelum 5 tahun ya. Kalau semakin awal Akan segera semakin bagus,” tandasnya.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com