Inggris Punya Misi Akhiri Penderitaan 58 Tahun Tanpa Trofi


Jakarta, CNN Indonesia

Tim nasional Inggris Berniat berusaha mengakhiri penantian 58 tahun untuk meraih trofi di Laga besar ketika mereka menghadapi Spanyol di final Euro 2024, Senin (15/7) dini hari WIB di Olimpiastadion, Berlin.

Terakhir kali Inggris juara di Laga besar terjadi di Piala Dunia 1966 tepatnya 58 tahun lalu, di mana mereka bertindak sebagai tuan rumah kala itu.

Pada dasarnya, Inggris nyaris mengakhiri puasa trofinya tiga tahun lalu ketika lolos final Euro 2020, di mana ketika itu mereka Bahkan berstatus tuan rumah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Justru, The Three Lions malah kalah dalam drama adu Tendangan penalti 2-3 dari Italia di partai puncak Euro 2020 usai bermain dengan skor 1-1 Sampai sekarang perpanjangan waktu.

Sebelumnya, Tim nasional senior pria Inggris tidak pernah bermain di final Laga besar di luar negeri, baru kali ini mereka melakukannya, ketika Euro 2024 berlangsung di Jerman.

“Satu-satunya alasan saya mengambil pekerjaan ini Merupakan mencoba membawa kesuksesan bagi negara ini dan Mengoptimalkan sepak bola Inggris,” kata Manajer Inggris Gareth Southgate, yang membawa timnya ke final Euro berturut-turut.

“Saya sangat bangga membawa tim ini ke final di luar negeri. Ini Berniat menjadi tugas besar, tapi kami masih di sini dan berjuang,” lanjutnya, seperti dilansir Euronews.

Penantian 58 tahun Inggris untuk trofi Laga Merupakan penderitaan. Setelah juara pada 1966, prestasi Unggul mereka di Piala Dunia Merupakan lolos semifinal pada 1990 dan 2018.

The Three Lions pernah hanya jadi juru kunci grup pada Euro 1988 dan 1992. Pada Euro 1996 kala menjadi tuan rumah, Inggris tersingkir di semifinal usai kalah adu Tendangan penalti dari Jerman.

Pada Euro 2008, bahkan Inggris tidak mampu lolos ke putaran final, karena Sebelumnya tersingkir di Putaran kualifikasi. Di Piala Dunia 2016, Inggris secara memalukan tersisih di Putaran 16 besar usai takluk dari negara kecil Islandia.

Dari sederet penderitaan itu, Di waktu ini The Three Lions kembali mempunyai kesempatan untuk mengangkat trofi Laga besar untuk pertama kalinya sejak 58 tahun. Mengalahkan Spanyol Bahkan berarti menjadi juara Euro untuk kali pertama bagi Inggris.

Spanyol, Tidak seperti, berpeluang meraih Catatan Unggul gelar keempat Euro Bila menang di partai final kontra Inggris. La Furia Roja favorit juara usai memenangkan seluruh enam Liga di Euro 2024 dari fase grup Sampai sekarang semifinal dengan lawan-lawan kuat seperti Kroasia, Italia, Jerman, dan Prancis.

[Gambas:Video CNN]

(wiw/rhr)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA