Uji Coba Menu Bar Baru, Instagram Prioritaskan Reels dan DM


Jakarta, CNN Indonesia

Instagram menguji coba perubahan besar pada tampilan menu navigasi aplikasi mereka, dengan fokus utama pada fitur Reels dan Direct Messages (DM). Perubahan ini termasuk menghapus tombol Upload postingan dari bar navigasi bawah yang selama ini menjadi ikon khas Instagram.

Dalam unggahan video di Reels, Kepala Instagram Adam Mosseri menyampaikan bahwa aplikasi ini Pernah mencapai 3 miliar pengguna di seluruh dunia. Ia menyebut pertumbuhan ini sebagian besar didorong oleh Reels, DM, dan sistem rekomendasi konten.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Bila melihat beberapa tahun terakhir, hampir semua pertumbuhan tersebut didorong oleh DM, Reels, dan rekomendasi,” ujar Mosseri, melansir Mashable beberapa waktu lalu.

Karena itu, menurutnya, Instagram memutuskan untuk melakukan desain ulang tampilan aplikasi.





Sebelumnya, menu navigasi bawah di Instagram terdiri dari tombol beranda, pencarian/eksplorasi, Upload konten, Reels, dan profil. Justru dalam beberapa bulan ke depan, susunannya Berencana berubah menjadi: beranda, Reels, DM, pencarian, dan profil. Tombol khusus untuk mengunggah postingan Berencana dihapus dari bar bawah.

Pengguna tetap bisa membuat unggahan, Justru tombolnya dipindah ke pojok kiri atas layar, bukan lagi berada di bagian bawah seperti Hari Ini.

Tak hanya perubahan tata letak, Instagram Bahkan Baru saja menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna mengatur algoritma Mengikuti minat mereka, dimulai dari Reels. Nantinya, pengguna bisa masuk ke halaman pengaturan dan melihat topik-topik yang menurut algoritma menjadi minat mereka, lalu menyesuaikannya Supaya bisa lebih relevan.

“Sungguh-sungguh antusias dengan semua hal yang Berencana datang. Terima kasih Pernah menjadi bagian dari perjalanan ini dan membuat Instagram begitu Berkelas,” tulis Mosseri menutup pengumuman.

Perubahan ini mencerminkan arah baru Instagram yang semakin menekankan pada konten video pendek dan interaksi langsung antar pengguna – dua fitur yang dianggap paling banyak menarik pengguna baru dan mempertahankan loyalitas pengguna lama.

[Gambas:Instagram]

(dmi/dmi)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA