Hati-hati, Kebiasaan Minum Resep Seperti Ini Bisa Merusak Ginjal


Jakarta

Tidak sedikit masyarakat yang khawatir mengonsumsi Resep dalam waktu lama bisa merusak ginjal. Terutama mereka dengan kondisi kronis misalnya diabetes dan hipertensi yang Sangat dianjurkan minum Resep rutin setiap hari.

Spesialis penyakit dalam konsultan nefrologi dr dr RA Adaninggar Primadia Nariswari, SpPD-KGH, mengatakan pada pasien penyakit kronis, mengonsumsi Resep rutin justru Nanti akan mengurangi risiko penyakit ginjal. Pada pasien hipertensi, tidak mengonsumsi Resep rutin malah Nanti akan bisa berdampak pada kesehatan ginjal.

“Jadi pada saat pemberian Resep, Sebelumnya ada rambu-rambunya jadi ada dosisnya, dan apakah ada interaksi. Jadi kalau konteksnya Resep yang diresepkan dokter, seharusnya risikonya minimal,” sebut dokter yang akrab disapa dr Ningz ini dalam siniar Kemenkes ditulis Selasa (2/7/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yang jadi masalah, ketika Resep dikonsumsi tanpa resep dokter. Pada beberapa orang, mengonsumsi Resep anti nyeri bisa mengganggu ginjal.

Resep non-steroid anti-inflamasi (NSAID), seperti, ibuprofen, dan naproxen bermanfaat sebagai pereda nyeri, demam, dan peradangan. Tidak seperti konsumsi Resep ini tanpa resep dokter dalam jangka panjang bisa mengganggu fungsi ginjal.

“Ini yang sering dijual bebas, misal golomgan asam mefenamat, ibuprofen, ini kan Resep anti nyeri yang sering dikonsumsi. Tapi kalau diresepkan dokter, Sebelumnya dipertimbangkan amannya karena bisa meminimalkan risiko,” ucapnya.

Ditambah lagi dengan mengonsumsi Resep herbal yang tidak sesuai standar Bahkan bisa menyebabkan masalah pada ginjal. Belum lagi Manakala Resep herbal tersebut mengandung bahan kimia Resep (BKO) untuk Mengoptimalkan efek dari Resep tersebut.

“Ditambah lagi dengan penggunaan herbal, Pendukung Kesehatan yang tidak sesuai dosis yang tdk Terjamin, tidak ada izin edar, itu Sangat dianjurkan hati-hati karena isi dari komponen itu biasanya zat-zat yang belum Terjamin keamanannya utk ginjal,” beber Ia.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com