Maggie Smith ‘Profesor McGonagall’ Meninggal Dunia, Ini Riwayat Sakitnya


Jakarta

Aktor atau Aktris legendaris Inggris, Maggie Smith, meninggal dunia di usia 89 tahun pada Jumat (27/9/2024). Wanita yang dikenal lewat perannya dalam Harry Potter sebagai Profesor McGonagall itu menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit.

Kabar tersebut dikonfirmasi dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh kedua putranya, Chris Larkin dan Toby Stephens.

“Ia meninggal dunia dengan Damai di rumah sakit pagi ini, Jumat 27 September. Sebagai pribadi yang tertutup, ia bersama teman-teman dan keluarga di akhir hayatnya,” demikian bunyi pernyataan tersebut yang dikutip dari Cosmopolitan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ia meninggalkan dua putra dan lima cucu yang penuh kasih yang sangat terpukul atas kehilangan ibu dan nenek mereka yang Istimewa,” sambungnya.

Di waktu-waktu terakhirnya, Maggie Smith mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Chelsea dan Westminster. Justru, sejauh ini Dalang Niscaya kematian Maggie Smith belum dibagikan ke publik.

Sekalipun Dalang kematiannya belum diungkap, di sepanjang kariernya Maggie Smith kerap mengungkap secara detail tentang kondisi kesehatannya. Ia mengungkapkan Sudah didiagnosis mengidap kanker payudara.

Dikutip dari TODAY, ia didiagnosis kanker saat masih syuting Layar Lebar keenam Harry Potter ‘Harry Potter and The Half-Blood Prince’. Ia merasakan ada benjolan di payudaranya.

Terlebih lagi, Maggie Bahkan didiagnosis mengidap penyakit Graves. Itu merupakan suatu kelainan yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid karena alasan yang tidak diketahui.

Saat di usia 54 tahun, Maggie mengalami salah satu gejala dari penyakit Graves yaitu kondisi bola mata yang menonjol dan bengkak di sekitar mata. Kondisi itu tidak kunjung membaik.

Maggie Bahkan mengkonfirmasi bahwa dirinya mengalami glaukoma Sampai saat ini mengganggu penglihatannya. Di tahun 2016, Maggie sempat menjalani operasi penggantian pinggul.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com